10 Tips Ampuh Memulai Bisnis Jual Pulsa Agar Sukses

Tertarik memulai bisnis pulsa dan memperoleh omzet jutaan rupiah? Eits, jangan gegabah memulai bisnis tanpa strategi ya. Kenali dahulu bisnisnya dan baca 10 tips sukses membangun bisnis jualan pulsa berikut ini!


Bisnis Pulsa? Memangnya Untung?

Dalam perkembangan teknologi yang tampaknya terus berkembang ini, satu hal yang makin bertumbuh adalah jumlah pengguna smartphone yang semakin tinggi.

Betul sekali, memang penetrasi penggunaan telepon genggam sudah sangat tinggi dan menyebabkan industri telekomunikasi di Indonesia tumbuh subur.

Tak hanya perusahaan-perusahaan besar, seperti produsen smartphone dan operator telekomunikasi yang menikmatinya, tapi juga pengusaha kecil penjual eceran pulsa dan telepon genggam atau HP menikmati juga.

Hal ini disebabkan secanggih apapun smartphone-nya, Anda tetap membutuhkan pulsa untuk dapat memanfaatkannya secara maksimal.

Hal ini terbukti dengan banyaknya pelaku yang terjun ke ranah bisnis ini dan masih bertahan sampai sekarang.

Bagi Anda para pebisnis yang ingin memulai usaha pulsa ini, yuk melihat kisah sukses yang akan menjadi motivasi Anda berikut ini:

 

Darmawan Samidan adalah satu pedagang telepon genggam sekaligus menjalani bisnis pulsa yang sudah bertahan cukup lama di bidang ini. Kabar baiknya adalah Darmawan berhasil mendulang untung hingga puluhan juta Rupiah sebagai laba bersihnya setiap bulannya.

Darmawan menjelaskan, bahwa ide bisnis ini muncul saat dirinya baru saja menikah dan membutuhkan pemasukan lebih banyak.

Dengan modal sekitar Rp10 juta, Darmawan memutuskan untuk mendirikan sebuah counter telepon genggam di Mal Cilandak.
“Saya bilang sama istri, ‘Ini tabungan terakhir. Kalau gagal terpaksa saya akan terus banting tulang bekerja.”

Namun bagai gayung bersambut, idenya ini sukses besar karena kala itu minat masyarakat untuk membeli telepon genggam sudah cukup tinggi, meskipun penetrasi dari jenis smartphone belum begitu marak.

Di bulan pertama, Darmawan mendapatkan laba bersih sekitar Rp6 hingga Rp7 juta.
“Waktu itu satu hari bisa dapat laba bersih sampai Rp200 ribu. Saya terkejut, karena kalau saya hitung-hitung, saya kerja di bank saja paling sehari dapat Rp40–50 ribu waktu itu. Alhamdulillah bulan pertama tembus Rp6–7 juta.”

Darmawan mengungkapkan, tidak ada strategi khusus untuk bisa berkembang di ranah bisnis ini. Ia hanya terus menerapkan pendekatan secara personal kepada setiap calon pembelinya.
“Saya lihat di toko kanan dan kiri tidak ada touch customer secara personal. Itu ampuh, bahkan saya sampai dekat sekali. Ketika mereka ada acara, saya sampai diundang. Jadi yang terbangun bukan hanya acuan, tapi lebih dari itu.”

Akhirnya di tahun ketiga, ia mampu menambah satu counter di pusat perbelanjaan yang sama.

Sampai akhirnya, Darmawan sudah memiliki tiga counter dengan tujuh karyawan dengan rata-rata profit mencapai Rp30 hingga Rp35 juta setiap bulannya.
 Darmawan pun menjelaskan, bahwa di samping penjualan telepon genggam, penjualan pulsa saat ini mendominasi tokonya dengan menyumbang sekitar 35% dari omzet.
Sementara jasa servis menyumbang 25%, sisanya disumbang dari penjualan HP dan aksesori.
“Sekarang kebanyakan orang punya smartphone high-end. Mereka jadi tidak sering ganti gadget. Tapi sekarang mereka sangat boros dengan pulsa karena paket data internet. Jadi, pulsa mendominasi. Selain itu, aksesori juga karena mereka ingin tampilan gadget-nya berubah-ubah.”


Bagaimana? Tertarik membangun bisnis pulsa layaknya Darmawan dengan omzet puluhan juta rupiah per bulannya?

Yuk segera simak 10 tips sukses dalam membangun bisnis jualan pulsa berikut ini.

10 Tips Sukses Membangun Bisnis Jualan Pulsa

Memulai sebuah bisnis memang tidak bisa asal-asalan. Agar Anda juga bisa sukses berbisnis jualan pulsa seperti Bapak Darmawan, diperlukan langkah-langkah yang tepat seperti tercermin berikut ini:

#1 Pilih Distributor yang Mantap

Salah satu hal penting yang menentukan kepuasan konsumen saat membeli pulsa adalah kecepatan pulsa masuk. Siapa sih yang ingin menunggu masuknya pulsa yang sudah di beli dalam waktu yang lama? Tidak ada bukan?

Oleh karena itu, Anda harus memilih distributor yang mantap dan memberikan pelayanan yang prima. Dengan demikian, pulsa akan masuk dengan cepat dan menyebabkan konsumen puas.

Hal ini bisa membuat konsumen semakin percaya dan loyal kepada Anda. Bahkan bisa menjadi langganan.

Sebaliknya, jika distributor Anda tidak memberikan pelayanan yang bagus, maka akan menyebabkan Anda kehilangan pelanggan, dimana mereka akan mengeluhkan keterlambatan masuknya pulsa tersebut.

#2 Menetapkan Harga Jual yang Wajar

Mengingat banyaknya pemain dalam bisnis jualan pulsa ini, maka bisa dibilang bahwa persaingan bisnis ini termasuk tinggi. Dengan jumlah pesaing yang tinggi, artinya Anda harus pandai-pandai dalam menetapkan harga jual pulsanya.

Mengapa demikian?
Tentunya karena bukan hanya kualitas saya yang akan ditengok oleh konsumen saat membeli pulsa.

Sebagai contoh, siapa sih yang mau membeli pulsa senilai 100.000 rupiah dengan harga 150.000 rupiah? Pastinya tidak ada.
  
Ada banyak faktor bagi konsumen dalam mempertimbangkan bisnis pulsa apa yang akan mereka pilih dan harga merupakan salah satu poin penting yang dipertimbangkan.

Dengan demikian, tentukanlah harga yang tidak terlalu tinggi, karena dengan lebih tinggi dari yang lainnya tentu bisnis pulsa Anda akan lebih jarang dilirik pelanggan.

Walaupun selisih harga beli dan harga jual yang lebih rendah, artinya keuntungan Anda menurun, namun jika Anda kelola dengan baik tentunya bisa menghasilkan banyak pembeli.

Bisnis pun menjadi menguntungkan dan berkelanjutan.

#3 Berikan Pelayanan Ekstra
Biasanya para pebisnis pulsa yang sukses adalah mereka yang memberikan layanan ekstra terhadap pelanggannya.

Sebagai contohnya adalah dengan memberikan promo-promo tertentu. Contoh lainnya adalah dengan diperbolehkannya sistem pembayaran angsuran.

Tentunya bagi pihak penjual terdengar merugikan, namun ini pastinya akan menarik pelanggan dan membuat omzet Anda naik.

Jadi, kenapa tidak mencoba memberikan pelayanan ini?

#4 Menjual via Online

Perkembangan internet yang sangat pesat di Indonesia membuat peluang bisnis pulsa elektrik semakin mudah dilakukan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan internet dan berjualan secara online.

Bahkan para pengusaha yang merambah bisnis online terkadang lebih sukses daripada hanya menetap pada bisnis offline. Apalagi jika Anda berniat dalam mengembangkan usaha bisnis pulsa Anda secara luas, maka merambah ke dunia online akan lebih efektif.

Dengan proses yang mudah dan cepat, pulsa akan terkirim ke konsumen. Tentunya hal ini sangat menarik konsumen apalagi yang “mager” alias males gerak.

Namun, kita juga harus pilih-pilih dalam menggunakan server pulsa online tersebut karena tidak semua server bisa memberikan pelayanan yang optimal. Dengan demikian konsumen tetap terpuaskan dengan jasa Anda.

#5 Adanya Alternatif Metode Pembayaran

Hari gini cuma terima uang tunai saja untuk pembayaran? Hati-hati bisnis Anda bisa ketinggalan zaman dan ditinggal konsumen.

Anda perlu mengikuti perkembangan teknologi pembayaran sehingga bisa mempermudah konsumen dalam melakukan pembayaran.

Dengan kemudahan ini, maka konsumen semakin puas berbelanja pulsa pada Anda.

Jangan khawatir, kini sudah ada banyak pilihan metode pembayaran yang bisa Anda tawarkan. Misalnya saja:
  • Pembayaran via kartu debit atau kartu kredit
  • Jasa bank virtual
  • Jasa dompet digital seperti GoPay, GrabPay, dan sebagainya.
 #6 Waktu Jual Lebih Panjang
Pernah gak sih kesulitan mencari pulsa malam-malam karena counter pada tutup? Saya sendiri sebagai pengguna smartphone lebih senang berbelanja pulsa online karena kendala yang satu ini.

Dengan demikian, penting untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, Misalnya saja jika Anda bisa memberikan layanan 24 jam, ini akan lebih baik dan akan menjadi poin positif bagi perkembangan bisnis pulsa Anda.

Tidak perlu hanya berupa toko offline saja, seperti telah dibahas sebelumnya kini Anda bisa menjual secara online sehingga dapat dijangkau konsumen 24/7.

#7 Gunakan Pemasaran Digital

Di zaman serba digital sekarang ini, sudah tidak zaman lagi pemasaran hanya dari pamflet atau iklan TV saja. Anda harus mulai merambah dan aktif menjalankan pemasaran digital.

Misalnya saja dengan memanfaatkan media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya.

Saat ini, internet sudah sangat banyak membantu, dan aksesnya mudah serta luas. Dengan demikian, media sosial kini menjadi salah satu sarana pemasaran yang efektif.
Selain itu, gunakanlah juga marketplace untuk memperluas jaringan Anda. Dengan memamerkan produk dan jasa di marketplace, produk Anda akan diketahui publik lebih cepat.

#8 Kelola Keuangan Dengan Baik

Dalam bisnis apapun, keuangan yang baik menjadi kunci utama dalam kesuksesan. Mengingat tujuan berbisnis adalah memperoleh untung, maka Anda harus bisa mengelola keuangan dengan baik pula.

Sebagai pebisnis pemula, Anda bisa memulai dengan melakukan pencatatan keuangan. Ketahui semua alur keuangan, mulai dari uang yang masuk dan keluar dalam bisnis pulsa Anda.

Dengan menggunakan metode ini, Anda akan lebih cermat dan bisa menentukan berapa besar profit dan berapa kerugian selama menjalankan bisnis pulsa tersebut.
Ini juga mencegah tercampurnya uang bisnis dengan keuangan pribadi yang nantinya bisa Anda kelola dengan baik.
  
#9 Beri Potongan Harga atau Promo Untuk Langganan
Jika Anda memiliki pelanggan lama dan setia, maka berikanlah pelayanan khusus. Karena merekalah yang nantinya dengan tanpa sengaja membantu mengembangkan bisnis pulsa Anda dengan promosi spontan dari mulut ke mulut.

Misalnya saja dengan memberikan potongan harga atau promo setiap kali langganan membeli pulsa. Ini bisa menjadi salah satu media promosi gratis untuk memperluas pasar Anda.

Dengan demikian, pembeli pulsa tidak akan terbatas masyarakat sekitar saja, namun bisa merambah ke lokasi lain.

#10 Gunakan Beberapa Server Pulsa

Tips terakhir tapi tidak kalah penting adalah untuk memanfaatkan beberapa server pulsa sekaligus. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika ada salah satu server yang macet.

Dengan demikian Anda bisa menggunakan server lainnya yang tidak bermasalah. Hal ini akan meminimalisasi masalah, sehingga tidak terjadi banyak komplain dari konsumen.

Gunakan server pulsa yang cepat dan terpercaya. Saat ini, ada banyak sekali server yang bisa digunakan untuk mengirim pulsa.

Pilih server yang paling cepat, sehingga transaksi lancar dan akhirnya pelanggan pun puas.

Jika konsumen puas dengan pelayanan, akhirnya mereka memberikan testimoni gratis ke orang lain dan bisnis jualan pulsa Anda semakin dikenal oleh banyak orang.

Yuk Berbisnis Jualan Pulsa dan Meraup Untung

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menjadi pebisnis jualan pulsa dan siap meraup untung banyak?

Semoga artikel ini memberi gambaran dan tips bagi Anda yang tertarik dalam bisnis ini.

Jika artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikannya kepada teman-teman Anda yang mungkin juga sedang mencari peluang bisnis dalam bidang pulsa dan smartphone.

Sumber : https://www.finansialku.com/tips-sukses-membangun-bisnis-jualan-pulsa/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel