5 Rencana Cermat agar Bisnis Online Diperhatikan Orang

Salah satu asyiknya bisnis online adalah fleksibilitas. Sementara, tantangannya adalah menggaet perhatian pembeli supaya mengecek dan menyebarkan konten yang kamu miliki. 


Mulai banyak pebisnis online yang mencari jalan pintas agar produknya dilirik pembeli, seperti memakai jasa bot yang menjajah kolom komentar orang lain. Padahal, cara spamming seperti demikian malah bisa membuat calon pembeli kesal dan kehilangan hormat pada produk yang ditawarkan.
Dilansir dari Entepreneur, berikut lima strategi untuk mengembangkan audiens di bisnis online. Cobalah agar jangan sampai memakai jasa bot untuk mencuri perhatian orang lain saat melakukan bisnis online.

1. Fokus Pada Sebuah Platform Utama

Salah satu kemungkinan alasan terbesar leletnya pertumbuhan audiens adalah kebanyakan platform (dalam hal ini, media sosial). Akibatnya, fokus pun jadi terpecah-pecah.
Dalam hal ini, salah satu strateginya adalah memiliki platform inti dan sekunder. Platform inti adalah di mana kamu terus hadir setiap hari dan klien sasaran (pangsa) selalu hadir di platform itu. Setelah kehadiran kamu sudah dikenal di platform inti, baru fokus di platform sekunder.

2. Pakai Live Streaming untuk Menunjukan Identitas Produk

Live streaming telah menjadi favorit banyak pengusaha. Bila kamu belum pernah memakai live streaming, mungkin sekarang saatnya untuk mendayakan fitur tersebut.
Ada banyak yang bisa dilakukan lewat live streaming. Kamu bisa memberikan semacam insight seputar latar belakang bisnis kamu, memberikan tur kantor, atau tunjukan interaksimu dengan pengusaha lain. 

3. Beri Alasan untuk Bagikan Konten

Meminta audiens agar mau membagikan konten kamu ternyata ada triknya. Salah satunya adalah memakai kata "karena."
Menurut penelitian Ellen Langer dari Harvard, memakai kata 'karena' bisa mendorong mempersuasi orang untuk melakukan sesuatu. Jadi, jangan sekadar meminta audiesn untuk membagikan konten, tapi berikan juga alasan, misal tulislah: "bagikan konten ini karena..." ketimbang hanya meminta bagikan sambil menaruh ikon senyum.

4. Jangan Lupa Kolaborasi

Salah satu cara termudah dan tercepat untuk ekpsansi audiens adalah dengan mengajak kolaborasi. Tidak perlu langsung kolaborasi dengan seleb terkenal, tapi lakukan bersama bisnis lain yang memiliki ukuran audiens yang sama.
Cara tersebut bisa menguntungkan kedua belah pihak karena memungkinkan terjadinya pertukaran audiens. Metodenya bisa secara offline seperti mengadakan event, atau juga webinar (web-seminar) serta video live-streaming.

5. Buat Konten yang Menunjukkan Jati Diri

Saat berinteraksi dengan teman, sangat mudah rasanya untuk jujur mengenai opini kita mengenai sesuatu. Saat berbisnis online, tak ada salahnya melakukan hal yang sama, tentunya dengan cara yang benar.
Turut memberikan opini saat berbisnis telah dilakukan banyak perusahaan besar, seperti mendukung aktivitas-aktivitas sosial. Bila dilakukan secara online, hal ini dapat membantu menyebar produk, walau bisa saja ada konsumen yang tidak setuju. Asal jangan sampai membuat kontroversi hanya untuk menarik perhatian semata.


Sumber : https://www.liputan6.com/bisnis/read/3605847/5-strategi-agar-bisnis-online-diperhatikan-orang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel