Apa Strategi Pemasaran Online Terbaik?

Internet & teknologi sudah mengolah perilaku insan dalam sekian banyak  aspek kehidupan. Mengubah teknik Anda belajar, menemukan informasi sampai belanja. Indonesia tergolong negara dengan perkembangan ekonomi internet terpesat di Asia. Hal ini dikuatkan oleh Google yang menulis pada tahun 2013 melulu 13% warga Indonesia yang mengakses internet dan bertambah menjadi 56% pada tahun 2017. Penggunaan internet harian pun meningkat pesat, dari 49% pada tahun 2013 bertambah menjadi 79% pada tahun 2017. Pada tahun 2018 perkembangan ekonomi internet di Indonesia menjangkau $27 milliar. Hal ini mengindikasikan bahwa pemasaran melewati media internet pun mengalami perkembangan signifikan.
Anda melulu perlu menggali tas yang Anda mau di mesin pencari/marketplace laksana Tokopedia/BukaLapak/OLX, mencocokkan harga, kualitas dan review orang lain, bayar dan terima barang. Semua melulu dengan duduk manis di rumah. Ini disebut ZMOT (Zero Moment of Truth), siapa yang paling gampang ditemukan di internet, berpotensi mendapatkan deviden yang lebih banyak.

Di antaranya, terdapat lebih dari 55 juta UKM di Indonesia sampai hari ini, tetapi sadarkah kita bahwa melulu sebagian kecil saja yang baru online? Jumlah ini terus meningkat mengingat semakin banyaknya orang yang mengawali pemasaran online sendiri.

Mungkin, Anda ialah salah satunya.



Strategi marketing terbaik dapat menyerahkan hasil yang maksimal dengan menggunakan ongkos se-efektif mungkin. Berikut ialah beberapa teknik pemasaran online yang bisa Anda gunakan.


1. SEO (Search Engine Optimization)
SEO ialah salah satu strategi marketing yang dapat dilaksanakan dengan ongkos yang terjangkau. Dengan mengerjakan optimasi pada situs memungkinkan situs Anda hadir dihalaman penelusuran search engine dan menemukan pengunjung yang bisa jadi besar mengharapkan produk Anda. Anda bisa mempelajari SEO lebih lanjut di tulisan Apa tersebut SEO dan Bagaimana Konsep Dasarnya?.


2. SEM (Search Engine Marketing)

SEM mempunyai media yang sama dengan SEO yakni search engine. Namun yang membedakannya ialah ketika memakai SEM sebagai strategi pemasaran online, posisi iklan situs Anda berada sangat atas sehingga bisa jadi seseorang untuk menyaksikan iklan kita jauh lebih besar. Akan tetapi ongkos yang dikeluarkan untuk mengerjakan pemasaran laksana ini terbilang cukup tergantung keyword yang kita targetkan.


3. Social Media Marketing

Tidak diragukan lagi sosial media memiliki akibat yang signifikan bila dipakai untuk mengerjakan pemasaran. Anda mesti memahami sosial media mana yang tepat untuk menjual produk Anda. Dengan menciptakan content marketing yang tepat, maka Anda bakal mendapatkan calon pelanggan yang tepat dan cocok dengan apa yang mereka butuhkan.


4. Affiliate Marketing


Ini ialah strategi pemasaran online yang saling menguntungkan. Hal ini disebabkan Anda bakal berbagi deviden dengan pebisnis beda untuk masing-masing produk yang terjual. Pada lazimnya seseorang akan berkolaborasi dengan blogger dan memakai blog untuk mengerjakan pemasarannya. Iklan dapat berupa banner atau tulisan review. Ketika pengunjung blog tertarik dengan produk kita dan mengerjakan pemesanan, santap hasil dari penjualan akan dipecah sesuai dengan kesepakatan yang sudah dibuat.


Manfaat Merancang Strategi Pemasaran Online


Tentunya bukan tanpa alasan kami mengajak anda untuk berbisnis secara online, beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan tentu akan membuat anda semakin mantap dalam menekuni bisnis online. berikut kami ulas beberapa manfaat Pemasaran Online

7 hari, 24 jam bekerja guna Anda
 
Mari anda anggap ongkos untuk menggaji tenaga pemasar (marketing) ialah sekitar Rp 1.000.000,- per bulan, bekerja melulu 8 jam per hari. Dengan mempunyai website bisnis online, dengan kata lain Anda punya tenaga pemasar yang mau bekerja sekitar 24 jam, dengan ongkos yang jauh lebih murah!

Anda pun mungkin pun setuju, bahwa tidak terdapat orang yang inginkan bekerja sekitar 24 jam, lagipula dengan ongkos yang lebih murah, ‘kan?


Jarak bukan lagi menjadi hambatan

  

Di awal, anda mengambil misal penjual tas online.

Bayangkan, andai Anda ialah penjual tas tersebut, mesti berkeliling kota mempromosikan produk tas kulit Anda. Berapa besar ongkos pemasaran yang mesti kita keluarkan? Otomatis ini akan meningkatkan harga tas, kan?

Dengan online, Anda dapat menggunakan Google AdWords/Facebook untuk memperlihatkan iklan tas kulit, untuk ribuan orang yang tertarik pada tas, di kota yang kita inginkan, melulu dengan ongkos minimal Rp 10.000,- saja!

Anda mau, kan belajar pemasaran online? Tenang! Kita akan membicarakan ini di tulisan lainnya. Tetap simak artikel lainnya ya.



Modal lebih hemat


 

Bayangkan kamu harus mencarter ruko/toko, kita akan perlu minimal 10-30 juta rupiah per tahun.


Sementara itu, andai Anda mengawali bisnis online bermodalkan situs seharga tidak cukup dari 3 juta rupiah, kita sudah dapat online dan berbisnis! Apalagi bila Anda inginkan belajar menciptakan website sendiri (membayar dengan tenaga & masa-masa belajar), pasti biayanya jauh lebih hemat.

Jika Anda memasarkan jasa, calon konsumen dapat menghubungi kita langsung dari situs dan diskusi via telepon.

Anda bakal kami bimbing dengan Tutorial Pembuatan Website bila hendak belajar menciptakan website sendiri.



Bisnis dari mana saja

Mungkin, kita pernah mendengar cerita, tidak sedikit pebisnis yang menghasilkan omzet ratusan juta sampai milyaran per bulan melulu dengan bekerja dari lokasi tinggal saja.


Modalnya melulu smartphone, laptop & internet!







Ada yang single fighter (seorang diri), ada pun yang dengan kesebelasan (customer service, dll). Bekerja dimanapun, kapanpun.

Mereka bisa, insyaallah Anda juga bisa. Banyak gagasan pemasaran online yang dapat di ikuti.



Bila bisnis kita tidak online ?

Anda memakai smartphone, mengakses internet paling tidak satu kali dalam sehari. Begitu pun dengan orang beda dan calon konsumen Anda.

Hari ini dunia telah berubah, perilaku manusia pun berubah dengan adanya teknologi & internet. Mencari informasi sebelum melakukan pembelian produk apapun, tergolong produk Anda, akan tidak sedikit dilakukan melewati internet.

Dari sisi bisnis, menghadirkan pemasaran online kita dengan teknik yang tepat ialah bagian dari perubahan, menyesuaikan diri dengan perkembangan.

Anda mesti dapat beradaptasi dengan cepat, atau bakal tertinggal.

Lebih buruk lagi, kompetitor bakal tertawa girang sebab Anda masih belum online dengan benar. Tidak peduli walaupun sebetulnya kualitas produk kita jauh lebih baik.



Siapa yang Harus Online dan Bagaimana Strategi Pemasaran Online nya?

Jawabannya: Semua orang. Semua bisnis.

Karena inti dari bisnis ialah menjual barang/jasa guna mendapatkan keuntungan.

Bila hingga bagian ini kita masih belum mendapatkan bayang-bayang mengenai bagaimana internet dapat membantu Anda guna naik ruang belajar dalam bisnis, izinkan saya mengisahkan macam-macam bisnis online beserta studi kasusnya pada tulisan selanjutnya.


Sumber : https://www.niagahoster.co.id/blog/strategi-pemasaran-online-untuk-bisnis-online/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel